Sunday 10 August 2014

Pergolakan Ukraina

Ada Apa Dibalik Pergolakan Ukraina


Ratusan ribu rakyat Ukraina turun ke jalan untuk memprotes Presiden Viktor Yanukovich terhadap pelaksanaan perjanjian perdagangan yang telah dicapai dengan Uni Eropa. Penolakan itu dikarenakan beberapa alasan, diantara persyaratan dari Uni Eropa adalah melepaskan Tymoshenko, ketua kelompok oposisi.
Analisis :
Untuk memahami apa yang terjadi, kita harus menyoroti hal-hal berikut :
1. Ukraina jika nama negara ini diterjemahkan secara harfiah artinya “terletak di pinggir”, yang merupakan realitas Ukraina selama berabad-abad. Pada abad ketujuh belas dan kedelapan belas, Ukraina dibagi diantara Polandia dan Rusia dan Imperium Uthmani. Pada abad kesembilan belas, Ukraina dibagi antara Rusia dan Austria. Pada abad kedua puluh, Ukraina merupakan bagian dari Uni Soviet. Hari ini, Ukraina terletak di perbatasan antara Rusia dan Eropa.
2. Ketika Ukraina mendapatkan kemerdekaannya dari Uni Soviet pada tahun 1991, negara itu terpecah secara politik, dan bahkan pada tingkat bahasa yang digunakan. Penduduk Valawkranjon yang tinggal di Ukraina barat berbicara bahasa Ukraina dan ingin menjadi bagian dari Uni Eropa. Sementara penduduk Ukraina yang tinggal di bagian timur Ukraina berbahasa Rusia, dan menganut doktrin Alerthodoxa, dan ingin menjadi lebih dekat dengan Rusia. Kedua wilayah Ukraina itu ingin menjadi negara merdeka pada waktu yang sama.
3. Rusia percaya bahwa arti penting Ukraina baginya terletak pada hal-hal berikut :
- Bahwa Rusia berbagi perbatasan darat dengan Ukraina sepanjang 700 km.
- Menghadap pintu masuk ke Ukraina pada Rusia di Laut Hitam.
- Ukraina merupakan koridor pipa energi Rusia ke Eropa.
Oleh karena itu, Rusia bekerja untuk memanfaatkan Ukraina melalui:
- Memasukannya ke dalam beberapa blok.
- Memberikan diskon menarik untuk harga energi.
- Menjaga perbatasan agar relatif terbuka diantara kedua negara.
- Menghidupkan kembali kemitraan industri yang lama yang ada di era Uni Soviet.
4. Uni Eropa percaya bahwa arti penting Ukraina baginya terletak pada hal-hal berikut :
- Ukraina berfungsi sebagai dinding antara Rusia dan Eropa Timur, yang membentengi Eropa dari ekspansi Rusia .
- Hal ini terungkap dari arti Ukraina bagi Eropa karena 80 % gas alam Rusia merupakan seperempat dari konsumsi Eropa.
Oleh karena itu, Eropa berusaha untuk mendapatkan uang dan alternatif solusi dari Ukraina Bagraha atas ketergantungan penuh pada gas Rusia.
5. Rusia memiliki tekanan dan godaan dari hal-hal berikut ini dalam beberapa bulan terakhir untuk menyesuaikan pemikiran mereka untuk mendekati Ukraina kepada Uni Eropa :
- Rusia mengurangi impornya dari Ukraina.
- Rusia memperketat prosedur kepabeanan atas barang-barang yang berasal dari Ukraina, yang bernilai 500 juta dolar.
- Rusia telah memberikan bantuan material kepada Ukraina, dalam bentuk pinjaman senilai 15 miliar dolar.
- Rusia menawarkan diskon menarik sebesar 33 % dalam harga gas untuk Ukraina.
Namun, sebagaimana disebutkan di atas , sebagian besar rakyat Ukraina ingin menjadi bagian dari Uni Eropa , dan ini yang menyebabkan mereka keluar untuk berdemonstrasi.
6. Akhirnya, Presiden Ukraina saat ini, Viktor Yanukovich, yang tergantung pada Rusia, merupakan calon pilihan dalam pemilu 2004 dan 2010, tetapi pada saat yang sama dia harus berkumpul bersama Uni Eropa karena tekanan internal dan eksternal, agar bisa mewujudkan komitmennya terhadap kesuksesan pemilu 2015, tanpa harus cenderung ke satu sisi. Rusia menyadari hal ini, sehingga lebih baik untuk mempertahankan loyalis Yanukovych untuk berpaling ke Barat yang akan bekerja untuk memalingkan Rusia dari Barat, sehingga menempatkan kepentingan Rusia dalam bahaya.
Kami memohon kepada Allah SWT untuk memberi barokah atas kelanjutan berdirinya Negara Islam dan bahwa kesadaran politik akan mendorong peristiwa-peristiwa semacam itu untuk menyebarkan Islam dan menyerukan jihad.
Ditulis oleh Kantor Media Pusat Radio Hizbut Tahrir
Abu Issa

No comments:

Post a Comment